Manajemen Pengetahuan
Manajemen Pengetahuan
Apa itu manajemen pengetahuan?
Manajemen pengetahuan merupakan proses menciptakan, menyimpan, berbagi, dan menggunakan kembali pengetahuan yang sudah ada maupun yang baru untuk meningkatkan efikasi dan eksistensi suatu organisasi. Manajemen pengetahuan juga disebut sebagai proses penangkapan, pengeksploitasian, pembagian, dan penerapan pengetahuan demi kepentingan karyawan, organisasi, serta pelanggan.
Manajemen pengetahuan membedakan 4 aspek utama menurut hierarki pengetahuan, antara lain:
- Data: terkait fakta diskrit, angka, simbol
- Informasi: terkait tulisan yang dipilih
- Pengetahuan: merupakan gabungan antara informasi dan keterampilan
- Kebijaksanaan: pandangan terkait asas dan komitmen
Efikasi dan eksistensi merupakan salah satu aspek terpenting dalam organisasi manapun. Tanpa adanya manajemen pengetahuan, suatu organisasi tidak dapat memberikan layanannya secara maksimal kepada para pelanggan. Oleh karena itu, mari kita lihat contoh implementasi manajemen pengetahuan di bidang edukasi berikut!
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGETAHUAN
Perpustakaan Universitas Punjab, Pakistan
Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang sering mengalami perubahan lingkungan akibat globalisasi arus informasi, persaingan ekonomi, dan teknologi komunikasi yang semakin meningkat, termasuk Perpustakaan Universitas Punjab yang berlokasi di Pakistan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan manajemen pengetahuan guna mengetahui permasalahan yang ada dan menemukan solusi yang tepat. Perlu diingat bahwa dalam suatu organisasi, salah satu penentu keberlangsungannya yaitu sumber daya manusia yang ada di dalamnya sehingga fokusan pada kasus kali ini terletak pada aspek pengetahuan dan keterampilan.
Implementasi manajemen pengetahuan di Perpustakaan Universitas Punjab ini bermula dari metodologi penelitian yang dilakukan yaitu instrumen serta populasi dan analisis. Metode instrumen berkaitan dengan survey deskriptif (melibatkan kuesioner Skala Likert), sementara populasi dan analisis melibatkan analisa variabel kuesioner (melibatkan aspek frekuensi, persentase, dan rata-rata). Agar mencapai hasil yang lebih relevan, metodologi ini terbatas pada perpustakaan utama universitas negeri dan swasta di Punjab dan Islamabad serta hanya melibatkan pustakawan profesional dan referensi.
Konsep manajemen pengetahuan diperkenalkan melalui literatur, kelas akademis, diskusi dengan kolega dan para profesional, konferensi workshop dan seminar, serta jaringan sosial online. Manajemen pengetahuan dinilai sangat penting untuk diterapkan agar mampu meningkatkan layanan perpustakaan serta memenuhi kebutuhan dan ekspektasi para pengguna sehingga hal ini diaplikasikan di berbagai area yang meliputi layanan referensi dan informasi, sumber daya dan jaringan, literasi informasi, serta pembuatan keputusan dan kebijakan.
Pada Perpustakaan Universitas Punjab, pengaplikasian manajemen pengetahuan dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:
- Menyediakan pelatihan profesional dan edukasi terhadap karyawan
- Menggunakan ICT untuk aktivitas KM
- Budidaya berbagi pengetahuan
- Mendukung komunitas latihan
- Mengembangkan bimbingan di perpustakaan
- Kurangnya pelatihan staf yang memadai
- Kurangnya ekspertis dalam manajemen pengetahuan
- Kurangnya penangkapan pengetahuan dan budaya berbagi
Oleh karena itu, terdapat 5 kemampuan dan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh para staf perpustakaan yaitu komunikasi, manajemen informasi, teknologi informasi, kepemimpinan, dan kerjasama tim.
Rekomendasi
Guna meningkatkan manfaat manajemen pengetahuan di Perpustakaan Universitas Punjab, Pakistan, terdapat beberapa rekomendasi yang dapat diaplikasikan, antara lain:
- Memastikan ketersediaan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Memanfaatkan jaringan media sosial untuk pembelajaran keterampilan inti
- Mengajukan pengalokasian dana ke perpustakaan terkait pelatihan dan lokakarya
- Meratakan pengajaran di semua sekolah di Pakistan terkait revisi kurikulum
Dilansir dari: Akram, Muhammad, Arslan Sheikh, Shanshad Ahmed. 2018. Implementasi Manajemen Pengetahuan di Perpustakaan Universitas Punjab, Pakistan.
Comments
Post a Comment